Wabah Covid – 19, Pemalang Zona Merah

Beritaharianpemalang.com  – Kabupaten Pemalang menjadi zona merah, untuk itu Bupati Junaedi menetapkan penyebaran wabah Covid-19 di wilayahnya sebagai kejadian luar biasa (KLB).

Menurut bupati, penetapan ini sudah sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

 

“Ya, berdasarkan informasi dari gugus tugas pusatusat dan Provinsi Jawa Tengah, Pemalang sudah termasuk zona merah, sebab ada dua pasien yang terkonfirmasi positif Corona,” ungkap Junaedi kepada awak media, Minggu (12/4/20).

Dari itu, bupati meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada dan meningkatkan disiplin hidup sehat, diantaranya dengan menjaga kebersihan, menjaga jarak dan menggunakan masker jika terpaksa harus keluar rumah

“Saya minta tetap tenang dan jangan panik berlebihan. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran virus ini,” sambungnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi kejadian yang bersifat emergency, Junaedi meminta agar tiap-tiap desa menyiapkan ruang karantina.

“Bagi para pemudik, segera melapor dan memeriksa kesehatan di posko masing-masing. Setelah itu melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum berinteraksi dengan orang lain,” tutupnya.

Penulis: Jumanto Sastro