KPU Jawa Tengah Cek Kesiapan KPU Pemalang Adakan Seleksi PPK CBT

Beritaharianpemalang.com – Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah M. Taufiqurrahman, ST. Kamis(23/01/2020) melakukan pengecekan secara langsung ke sekertariat KPU Kabupaten Pemalang dan tempat yang akan digunakan untuk mengadakan seleksi penerimaan Petugas Penyelenggara Kecamatan (PPK) dalam Pemilihan Kepala Daerah ( pilkada ) 2020.

“Komisioner KPU Jawa Tengah memastikan kesiapan KPU Kabupaten Pemalang dalam melaksanakan seleksi Petugas Penyelenggara Pilkada di tingkat Kecamatan (PPK), sa’at ini KPU Kabupaten Pemalang sedang memasuki tahapan pembentukan badan Adhoc penyelenggara pemilu yaitu PPK pada tahapan memasuki pendaftaran calon anggota PPK yang akan berakhir pada besok, Jum’at (24/1) pukul 16.00 wib”, Kata Agus Setiyanto anggota Komisioner KPU Pemalang bidang SDM.

BY JOKO LONGKEYANG

Agus juga menyampaikan, selanjutnya akan penelitian administrasi calon anggota PPK akan dilaksanakan pada tangggal 28 – 29 Januari 2020, dan akan diumumkan ke public bagi peserta yang lolos untuk mengikuti tes tertulis pada tahapan berikutnya. Tes tertulis seleksi PPK KPU Kabupaten Pemalang menggunakan Computer Base Test (CBT) yang merupakan satu dari lima Kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan pilkada tahun 2020, oleh karena itu, komisioner KPU bersama-sama KPU Kabupaten Pemalang memastikan kesiapan perangkat keras maupun perangkat lunak yang akan digunakan dalam test ini.

“Melalui test berbasis komputer, kami bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan kompetensi dalam menjaring SDM PPK yang unggul dan berkualitas dibidangnya sehingga diharapkan mampu memberi dan menghasilkan pilkada yang memang berkompeten, melalui CBT setelah selesai mengerjakan soal yang berjumlah 50 dalam waktu 60 menit maka akan kami ambil sepuluh peserta dengan nilai tertinggi disetiap kecamatan untuk mengikuti tahap selanjutnya “, imbuh Agus.

Terkait dengan jumlah peserta yang mendaftar sebagai calon anggota PPK disampaikan oleh ketua KPU Kabupaten Pemalang Mustaghfirin mengatakan bahwa pelamar sudah memenuhi target sudah mencapai target.

“Kami membutuhkan sebanyak 70 orang anggota PPK dalam pilkada 2020 dan sa’at ini dilihat dari absensi tercatat pendaftar dari Kecamatan Randudongkal 21, Kecamatan Taman 48, Kecamatan Pemalang 37, Kecamatan Pulosari 9, Kecamatan Warungpring 11, Kecamatan Bantarbolang 21, Kecamatan Ampelgading 22, Kecamatan Watukumpul 12, Kecamatan Moga 13, Kecamatan Belik 14, Kecamatan Ulujami 15, Kecamatan Bodeh 14, Kecamatan Comal 20, Kecamatan Petarukan 45. dan tentunya akan terus bertembah sampai pada penutupan pendaftaran kata Mustaghfirin, ketua KPU Kabupaten Pemalang.

Melihat kesiapan KPU Pemalang dalam mempersiapkan penjaringan PPK untuk pilkada 2020, Komisioner KPU Jawa Tengah M. Taufiqurrahman, ST. merasa puas setelah melakukan pengecekan secera langsungbyang dimulai dari alur pendfataran sampai kepada finising.

” Tadi kami melakukan pengecekan dari awal penerimaan berkas administrasi calon angggota PPK kemudian dilanjutkan dengan dengan pengecekan perangkat kompiuter yang akan digunakan untuk test tertulis para peserta calon anggota PPK di Kabupaten Pemalang dan hasilnya cukup memuaskan, kami juga berharap KPU Kabupaten Pemalang sukses dalam melakukan tahapan ini “, kata Taufiqurrahman ST.

(Joko Longkeyang )