Ketua DPRD Pemalang Beri Hadiah Kambing Pada Kirab Budaya Desa Cibuyur

Beritaharianpemalang.com – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) RI ke 74 di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dipuncaki dengan acara Kirab Budaya, Sedekah Bumi dan ditutup dengan pagelaran wayang kulit sewengi muput yang berlangsung pada Minggu 25 Agustus 2019 dimulai pukul 09:00 – 11:00 WIB dan malam harinya pagelaran wayang kulit dengan dalang ki Mangun.

Kirab budaya diberangkatkan dan dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) Cibuyur Yoyok Kusnodo, dengan start dari depan rumah Kades dan finis di lapangan Cibuyur, peserta kirab atau karnaval berhenti sebentar di depan Kantor Kepala Desa untuk mendapatkan penilaian dari tim juri, selanjutnya peserta dipersilahkan melanjutkan perjalanan kirab menuju ke lapangan untuk menampilkan atraksi sesuai dengan kemampuan rombongan masing- masing kadua peserta kirab untuk dinilai kembali oleh tim juri.

Tampak Kades Yoyok yang memimpin langsung jalannya karnaval menaiki kuda dengan gagahnya, mengikuti dibelakangnya Ibu Kepala Desa beserta keluarganya menaiki kereta kencana dengan dikawal oleh Ketua BPD dan Sekdes Cibuyur dengan naik kuda beserta perangkat para perangkat yang berjalan selanjutnya diikuti oleh rombongan drumban, peserta kirab berjalan perlahan menuju ke lapangan tempat berakhirnya kirab tersebut.

Dikatakan oleh Kepala Desa Cibuyur, kirab Budaya yang dibarengi Sedekah Bumi di Desa Cibuyur kali ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Kecamatan Warungpring, namun walaupun kegiatan tersebut baru pertama dilaksanakan pesertanya sangat antusias.

“Kirab Budaya ini baru pertama kali kami lakukan dan warga Desa Cibuyur sangat antusias mengikutinya hal tersebut bisa kita lihat dari iring-iringan peserta yang mengular hampir sepanjang 2 km, peserta karnval mencapai ribuan peserta yang terdiri dari tujuh dusun, RT-RT, komuintas, organisasi kepemudaan dan lain-lain”,ujar kades Yoyok ketika diwawancarai seusai perhelatan

Masih kata Kades Cibuyur, atas nama pemerintahan Desa mengucapkan apresiasi kepada seluruh warga yang telah guyub, rukun, gotong-royong mengikuti kirab, sehingga peserta kirab cukup banyak kurang lebih seribu peserta.

“Persiapan kirab ini sangat pendek hanya kurang lebih sepuluh hari, tapi pesertanya cukup banyak hingga mencapai kurang lebih seribu peserta, saya juga menyampaikan apresiasinya kepada semua warga Desa Cibuyur yang telah mensukseskan jalannya kegiatan ini,” imbuh Yoyok.

 

Terkait dengan seni dan budaya yang ditampilkan dalam acara tersebut, Yoyok juga mengungkap rencananya kegiatan tersebut akan menjadi agenda tahunan, sehingga kita bisa menggali potensi yang ada di masing-masing dusun untuk dijadikan kekayaan seni dan budaya Desa Cibur dan sebagai rasya syukur atas sukses acara ini para peserta yang menang kami berikan hadiah Kambing, Juara 1 diserahkan oleh ketua DPRD Pemalang Drs. H. Agus Sukoco, Juara ke:2 Diserahkan oleh Kedis Disperindag Kabupaten Pemalang Bapak Happy Priyanto, dan juara ke:3 oleh Camat Warungpring

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Drs. H. Agus Sukoco yang turut hadir pada kegiatan kirab tersebut menilai bahwa Kirab Budaya yang diadakan Desa Cibuyur sangat luar biasa.

“Saya melihat banyak potensi masyarakat di Desa Cibuyur baik dari sisi seni, budaya maupun aspek lainnya yang bernilai jual tinggi oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk maju bersama membangun desa dengan bergotong royong, mari kita bergotong royong, maju bersama-sama membangun desa, kita gali potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Agus.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kadis Perindag dan UMKM Kabupaten Pemalang Drs. Hepi Priyanto yang juga warga dan tokoh masyarakat Desa Cibuyur.

 

“Atas nama pribadi sebagai masyarakat Desa Cibuyur, saya memberikan apresiasi yang setingginya kepada saudara – saudara saya masyarakat Desa Cibuyur beserta jajaran pemerintahan Desa Cibuyur yang telah dengan penuh semangat kegotong royongan melaksanakan kegiatan kirab Budaya dan Grebeg Sedekah Bumi untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke :74 tahun 2019”,ungkap Hapy.

Meriahnya kirab Budaya dan grebeg Sedekah Bumi mendapat apresiasi warga yang sengaja menonton kegiatan tersebut karnal tingkat Desa Cibuyur ini serasa karnaval setingkat kecamatan, karena banyak peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. “Karnaval ini ko banyak banget ya pesertanya, ini seperti karnaval tingkat kecamatan, dari tadi ko ga habis-habis rombongan karnavalnya,” ungkap Manto salah seorang warga yang kebetulan sedang melewati jalan tersebut. (Joko Longkeyang)