Covid 19 Merambat Ke Pemalang, Delapan Perusahaan Gulung Tikar

Beritaharianpemalang.com – Delapan perusahaan di Kabupaten Pemalang tutup karena Corona. Akibatnya, hampir seratus persen pekerja terpaksa dirumahkan. Begitu kata Adrian Taufiq, Kepala Seksi Hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang, Kamis (9/4/20).

“Sampai dengan hari ini sudah ada delapan perusahaan kategori besar melapor kepada kami. Mereka memutuskan untuk berhenti beroperasi lalu merumahkan para pekerjanya,” kata Adrian.

Adrian mengaku tidak tahu pasti persoalan hak-hak yang harus diterima pekerja pasca dirumahkan. Yang pasti, kata dia, perusahaan-perusahaan itu menawarkan dua pilihan, yaitu dirumahkan atau PHK.

“Tidak ada mediasi, terkait gajih dan hal-hal lain yang menyangkut hak tenaga kerja. Itu dibicarakan diinternal mereka, berdasarkan kesepakatan,” sambungnya.

Pandemi Corona Virus Disease-19 mulai mengkoyak-koyak tatanan ekonomi masyarakat kelas bawah. Sehingga, semakin hari semakin membuat geliat ekonomi kita terjerembab.

Sebagai informasi, dari delapan perusahaan kategori besar yang tutup itu, enam diantaranya adalah garmen. Selebihnya, restoran dan textile.

Penulis: Jumanto Sastro