Cara Mengatasi Virus Corona Itu Mudah

Beritaharianpemalang.com – Memerangi virus Corona COVID-19 sebenarnya mudah. Kuncinya adalah menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Demikan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, dr. Sholahuddin, siang ini (Rabu, 18/3/20).

Menurutnya, salah satu hal sederhana namun sangat efektif untuk dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya penularan COVID-19 adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan setiap usai beraktivitas.

“Sebenarnya mudah, yang penting menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Salah satu yang paling efektif adalah membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setiap selesai melakukan aktivitas,” jelasnya.

Dikatakan, COVID-19 memiliki gejala seperti influenza pada umumnya. Hanya saja memiliki sedikit perbedaan, yakni, terjadinya peradangan pada Paru-paru dan sesak nafas. Sehingga Menurutnya, virus ini sangat rentan terhadap orang-orang yang memiliki riwayat TBC ataupun radang Paru-paru, termasuk juga para lansia.

“Butuh waktu tiga hingga lima hari untuk memastikan pasien positif atau negatif terjangkit Corona. Kita ambil sample daranya selama dua hari berturut-turut, lalu dikirim ke Litbangkes, barulah diketahui seperti apa hasilnya,” tuturnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini di Kabupaten Pemalang terdapat 16 orang dalam pemantauan (ODP) dan dua orang pasien dalam pengawasan (PDP). Sedangkan seorang pasien yang dirawat di RSUD Kardinah Tegal beberapa waktu lalu, dinyatakan negatif Corona dan sudah diizinkan pulang.

Penulis: Jumanto Sastro